Rita Susmito

Hai sahabat Brainy! Kamu pasti setuju dong kalau punya senyum menawan itu penting banget? Nah, untuk bisa terus tersenyum lebar tanpa khawatir, kita wajib jaga kesehatan gigi dan mulut, lho.

Sayangnya, ada satu masalah gigi yang sering menyerang orang dewasa dan bisa bikin senyum kita terancam, yaitu periodontitis. Duh, serem banget ya kedengarannya? Yuk, kita kenalan dulu sama penyakit ini biar lebih aware!

Apa Itu Periodontitis?

Periodontitis itu sebenarnya radang jaringan penyangga gigi. Sederhananya, gusi kita lagi meradang! Kalau dibiarkan, bisa-bisa gigi kita goyang dan tanggal, sahabat Brainy.

Ilustrasi sakit gigi

Kok bisa ya gusi meradang sampai gigi tanggal? Jadi, peradangan ini muncul karena ada bakteri jahat yang bersarang di plak gigi. Plak ini terbentuk dari sisa makanan yang menempel di gigi dan nggak dibersihkan dengan benar. Lama-kelamaan, plak yang keras bisa bikin gusi iritasi dan meradang, deh.

Kalau udah meradang, gusi dan gigi kita bakalan "berjarak", sehingga bakteri makin gampang masuk dan menyebabkan infeksi. Nah, infeksi inilah yang bikin jaringan penyangga gigi rusak dan akhirnya gigi kita goyang, bahkan bisa copot!

Gejala yang Perlu Kamu Waspadai!

Periodontitis punya banyak gejala, sahabat Brainy. Tapi, beberapa gejala yang paling umum antara lain:

  • Gusi sering berdarah, bahkan saat kamu lagi nggak sikat gigi
  • Gusi bengkak, berwarna merah, atau keunguan
  • Bau mulut yang nggak sedap, meskipun udah sikat gigi
  • Gigi terasa goyang atau renggang
  • Gusi menyusut, bikin gigi terlihat lebih panjang
  • Nyeri saat mengunyah makanan
  • Keluar nanah dari sela-sela gigi dan gusi

Kalau kamu ngerasa punya beberapa gejala di atas, jangan tunda lagi deh buat periksa ke dokter gigi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Cara Mencegah Periodontitis

Kabar baiknya, periodontitis bisa dicegah kok, sahabat Brainy! Caranya gampang banget:

  • Sikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) untuk mengangkat sisa makanan yang nggak terjangkau sikat gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, karena bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat di mulut.
  • Periksakan gigi ke dokter secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi dan deteksi dini masalah gigi.
  • Hindari merokok, karena bisa meningkatkan risiko terkena periodontitis.

Nah, itu dia sekilas tentang periodontitis. Yuk, kita sama-sama jaga kesehatan gigi dan mulut agar senyum kita tetap menawan! 😉

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka