Rita Susmito

Hai sahabat Brainy! 👋 Ada kabar penting nih tentang kesehatan yang perlu banget kita waspadai. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru aja ngumumin kalau kasus Covid-19 varian JN.1 lagi naik di Indonesia. Nah, biar kita semua tetap sehat dan terhindar dari varian baru ini, yuk kenali gejalanya!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan lonjakan Covid-19 varian JN.1 di Indonesia mengalami peningkatan, tapi beberapa gejala varian ini dapat diantisipasi

Berdasarkan data yang dirilis Kemenkes per 1 Mei 2024, udah ada 45 kasus varian JN.1 yang terkonfirmasi dan 11 orang dinyatakan sembuh.

Nggak cuma itu, data mingguan dari tanggal 12-18 Mei 2024 juga nunjukkin kalau masih ada 1.354 kasus aktif dengan 19 kasus baru dan 4 pasien sembuh. Untungnya, belum ada laporan korban jiwa dari varian ini.

Buat yang belum tau, varian JN.1 ini masih sodaraan sama varian Omicron, lebih tepatnya turunan dari varian BA.2.86 atau yang dikenal dengan varian Pirola. Varian ini pertama kali muncul di Amerika Serikat sekitar bulan September 2023 lalu.

Terus, apa aja sih gejala varian JN.1 ini?

Gejala yang ditimbulkan varian ini sebenarnya mirip-mirip sama varian Covid-19 sebelumnya. Cuma, seberapa parah gejala yang dirasain itu lebih tergantung sama daya tahan tubuh masing-masing, bukan karena variannya.

Tapi, penyebaran varian JN.1 ini emang cepet banget. Ini nunjukkin kalo virus ini lebih gampang nular dan lebih jago ngelabuhi sistem imun tubuh kita dibanding varian lain.

Nah, supaya kita nggak panik, Kemenkes juga udah nyiapin beberapa langkah antisipasi buat rumah sakit, salah satunya dengan ngeluarin peringatan dini early warning.

Persiapan ini meliputi konversi tempat tidur di rumah sakit, penyediaan tenaga medis cadangan, sama ketersediaan obat-obatan dan oksigen. Nggak lupa juga, program vaksinasi terus digencarkan, terutama buat kelompok yang rentan.

Supaya lebih jelas, ini dia beberapa gejala yang harus diwaspadai dari varian JN.1:

  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Gejala flu
  • Batuk
  • Badan gampang capek
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam atau menggigil
  • Kehilangan indra penciuman atau perasa
  • Susah napas
  • Mual atau muntah
  • Diare

Ingat ya sahabat Brainy, penting banget buat kita semua tetap jaga kesehatan dan waspada sama penyebaran varian baru Covid-19 ini! Jangan lupa terapkan protokol kesehatan, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Stay safe and healthy! 😊

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka