Rita Susmito

Banjir lahar dingin akibat erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat

Sahabat Brainy, tahu nggak sih kalau banjir lahar dingin itu nggak cuma bikin rumah dan sawah rusak, tapi juga bisa bikin kita gampang sakit? Yup, selain bikin kerusakan parah, banjir lahar dingin juga bisa bawa penyakit.

Lahar dingin itu kan campuran air, batu, kerikil, plus sisa-sisa material vulkanik dari gunung berapi. Nah, material vulkanik ini nih yang bisa ganggu kesehatan kita. Ditambah lagi, akses air bersih jadi susah, makin gampang deh penyakit nular.

Penasaran penyakit apa aja yang sering muncul saat banjir lahar dingin? Yuk, simak!

7 Penyakit yang Sering Muncul Saat Banjir Lahar Dingin:

1. Sesak Napas

Lahar dingin bawa kristal silika dan gas vulkanik yang bikin udara jadi nggak sehat. Kalau terhirup terus-terusan, bisa bikin kita susah napas, bahkan bisa picu asma dan bronkitis!

2. Mata Perih dan Merah (Iritasi Mata)

Abu vulkanik yang mengandung silika bisa bikin mata kita iritasi. Apalagi kalau kita nggak sengaja ngucek mata pakai tangan kotor, bisa-bisa mata jadi merah, belekan, bahkan kornea bisa lecet. Duh, serem ya!

3. Kulit Gatal dan Beruntusan (Iritasi Kulit)

Air lahar dingin mengandung sulfur yang asam. Kalau kulit kita kena air ini, bisa iritasi, gatal-gatal, bahkan sampai muncul ruam dan lendir. Makanya, kalau kena banjir lahar dingin, langsung bersihin badan pakai air bersih ya.

4. Cemas dan Panik (Gangguan Kesehatan Mental)

Ngeliat rumah rusak, harta benda hanyut, bahkan orang-orang terdekat jadi korban, pasti bikin kita cemas dan panik. Kondisi kayak gini bisa bikin kita trauma dan ganggu kesehatan mental kita.

5. Demam dan Batuk-Batuk (Influenza)

Senyawa sulfur dari lahar dingin bisa cemarin lingkungan, bikin kita rentan kena influenza. Gejalanya demam, batuk, pilek, sakit kepala, pokoknya badan rasanya nggak enak banget deh.

6. Perut Mulas dan Bolak-Balik ke Toilet (Diare)

Lagi-lagi karena pencemaran air dan udara, senyawa fluoride bisa masuk ke makanan dan minuman kita. Nah, senyawa ini berbahaya banget buat tubuh, bisa bikin diare parah.

7. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kecemasan dan kepanikan selama banjir lahar dingin bisa bikin tekanan darah kita naik drastis. Tapi tenang, kalau situasi udah membaik dan kita bisa nenangin diri, tekanan darah biasanya bakal normal lagi kok.

Nah, sahabat Brainy, sekarang udah tau kan betapa bahayanya banjir lahar dingin? Nggak cuma ngancurin harta benda, tapi juga bisa bikin kita sakit. Makanya, penting banget buat kita selalu waspada dan jaga kesehatan, terutama saat terjadi bencana alam kayak gini.

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka