Rita Susmito

Hai Sahabat Brainy! ๐Ÿ‘‹ Ada kabar gembira nih dari dunia kesehatan. NHS, badan kesehatan di Inggris, lagi gencar-gencarnya nih ngembangin uji coba vaksin kanker berbasis mRNA yang canggih banget! ๐Ÿงช Vaksin ini dibikin khusus buat setiap pasien, lho, jadi bisa lebih tepat sasaran dalam melawan sel kankernya.

Petugas kesehatan menyiapkan suntikan penguat vaksin kanker

Penasaran gimana sih cara kerja vaksin canggih ini? Jadi, vaksin ini memanfaatkan teknologi mRNA, sama kayak vaksin COVID-19 yang udah kita kenal. Bedanya, vaksin kanker ini didesain khusus buat mengenali dan menyerang mutasi sel kanker yang ada di dalam tubuh pasien. Canggih banget, kan?

Vaksin ini sendiri dikembangkan oleh BioNTech dan Genentech. Uji coba awalnya dilakukan di Rumah Sakit Universitas Birmingham NHS Foundation Trust. Kabarnya, ribuan pasien diharapkan bisa merasakan manfaat dari uji coba ini.

Nah, buat yang mau ikutan uji coba, tenang aja, prosesnya gampang kok. Pasien cuma perlu ngasih sampel jaringan kanker dan tes darah. Nanti, tim medis bakal nentuin deh, pasien tersebut layak atau nggak buat ikutan uji coba.

Meskipun masih dalam tahap uji coba, vaksin ini digadang-gadang bisa jadi terobosan baru dalam dunia pengobatan kanker. Bayangin aja, vaksin ini punya potensi buat mencegah kanker kambuh lagi setelah operasi. Keren banget, kan?

Saat ini, udah ada 30 rumah sakit di Inggris yang ikutan dalam uji coba vaksin ini, lho! Nggak cuma itu, pemerintah Inggris juga berkomitmen buat nyediain imunoterapi kanker yang presisi buat 10.000 pasien pada tahun 2030. Wah, kita doakan semoga uji coba ini berjalan lancar dan vaksin kanker ini bisa segera tersedia buat masyarakat luas, ya! ๐Ÿ™

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka