Rita Susmito

Seseorang Sedang Melihat Hasil Tes Kolesterol

Kolesterol suka banget naik gara-gara kita doyan makanan berlemak, apalagi yang jenisnya saturated dan trans fat. Belum lagi kalau ada faktor keturunan, hobi ngerokok, mageran, dan kebanyakan minum alkohol, makin jagoan deh tuh kolesterolnya.

Nah, daripada panik, mending kita ikutin tips mudah buat nurunin kolesterol lewat atur pola makan yuk, Sahabat Brainy!

Tips Jitu Turunin Kolesterol:

Pagi Hari:

  1. Awali dengan Omega-3: Minum air biji chia atau makan kenari di pagi hari. Asam lemak esensialnya bantu redain peradangan dan bikin profil lipid kita lebih baik.
  2. Sarapan Tinggi Serat & Protein: Semangkuk oatmeal atau cheela (panekuk India) dari tepung besan dengan parutan labu botol bisa jadi pilihan. Kombinasi ini ampuh banget buat nurunin kolesterol jahat (LDL).
  3. Jalan Santai Setelah Makan: Cukup 10-15 menit jalan kaki setelah makan siang atau makan malam, gula darah jadi seimbang dan profil lipid kita pun ikut membaik.

Tips Sepanjang Hari:

  1. Bumbu Dapur Ajaib: Tambahkan jahe dan bawang putih ke dalam masakan. Selain bikin makanan makin sedap, dua bahan ini juga bantu cegah penumpukan plak di pembuluh darah.
  2. Hindari Jajanan Olahan: Say no to keripik dan makanan ringan olahan lainnya, ya! Minyak nabati yang dipakai biasanya udah diolah dan bikin kolesterol naik.
  3. Batasi Makanan Bertepung: Kue, biskuit, dan makanan bertepung lainnya tinggi gula dan lemak jenuh. Kurangi konsumsinya, ya!
  4. Perbanyak Sayuran Hijau: Brokoli, kacang hijau, dan sayuran berdaun hijau kaya vitamin B yang bantu nurunin kolesterol dan jaga kesehatan jantung.
  5. Konsultasikan dengan Ahli: Tanyakan pada dokter tentang suplemen penurun kolesterol. Suplemen ini gak cuma nurunin kolesterol, tapi juga bantu redain peradangan.

Dongkrak Kolesterol Baik (HDL)

Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) juga gak kalah penting, lho! Kolesterol HDL ini kayak pahlawan yang bertugas ngebersihin kolesterol jahat dari darah dan ngebawanya ke hati.

Nah, ini dia beberapa cara buat ningkatin kolesterol baik:

  • Rutin Bergerak: Jalan kaki, sepedaan, atau berenang bisa bantu ningkatin kadar HDL.
  • Konsumsi Asam Lemak Omega-3: Ikan berlemak, biji chia, biji rami, dan kacang kenari wajib masuk menu harianmu.
  • Pilih Lemak Sehat: Ganti lemak jahat dengan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ghee.
  • Hindari Makanan & Minuman Manis: Karbohidrat olahan dalam roti putih, pasta, dan makanan/minuman manis bisa nurunin kadar HDL. Kurangi konsumsinya, ya!

Nah, itu dia tips mudah buat nurunin kolesterol dan ningkatin kolesterol baik dalam tubuh. Ingat, Sahabat Brainy, pola makan sehat dan gaya hidup aktif adalah kunci utama buat hidup lebih sehat!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka