Rita Susmito

Hai Sahabat Brainy!

Kalian tahu nggak sih, ternyata rokok itu nggak cuma bikin orang dewasa khawatir, tapi anak-anak kayak kita juga! Masalah rokok di Indonesia ini udah kayak alarm bahaya yang bunyinya makin keras, tapi kayaknya masih banyak yang tutup telinga.

Rokok itu kan isinya zat adiktif, yang artinya bikin ketagihan. Nah, sayangnya, usaha buat ngendaliin rokok ini masih jalan di tempat, kayaknya sih karena banyak pihak yang "berkepentingan" dan masih ngebiarin rokok gampang banget diakses. Padahal, banyak anak-anak dan remaja yang jadi korbannya!

Perokok anak sedang menghisap sebatang rokok/Yayasan Lentera anak

Memang sih, data terbaru nunjukin kalo jumlah perokok anak usia 10-18 tahun turun jadi 7,4% di tahun 2023. Tapi, penurunan ini masih jauh dari kata aman. WHO sendiri malah bilang kalo jumlah perokok anak di dunia lagi naik! Duh, kok bisa ya?

Ternyata, Indonesia masih jadi satu-satunya negara di ASEAN yang ngebiarin iklan rokok berkeliaran bebas! Padahal, negara-negara lain udah pada ketat banget ngelarang iklan rokok buat melindungi anak-anak dan remaja.

Sejak tahun 2016, anak-anak Indonesia udah mulai bersuara lantang lho! Mereka dengan berani menyuarakan aspirasi mereka, seperti:

Seruan Anak Indonesia Tentang Rokok (2016-2023):

  1. 2016: Jauhkan kami dari rokok, miras, dan narkoba!
  2. 2017 & 2020: Awasi iklan, promosi, dan sponsor rokok di Indonesia! Libatkan Forum Anak dan Pemerintah!
  3. 2021: Tolong perjelas aturan jual beli rokok, termasuk iklan dan promosinya!
  4. 2022: Optimalkan program pencegahan dan rehabilitasi khusus untuk perokok anak dan remaja!
  5. 2023: Kami mohon Pemerintah lebih tegas menerapkan aturan kawasan tanpa rokok!

Sayangnya, RUU Kesehatan yang baru disahkan belum memberikan efek jera bagi industri rokok. Padahal, RUU ini mengakui kalau produk tembakau itu zat adiktif!

Ada beberapa hal yang bikin anak-anak rentan terpapar rokok:

  • Gampang banget beli rokok! Padahal, jual rokok ke anak-anak itu dilarang!
  • Iklan dan promosi rokok masih banyak banget! Bahkan, ada yang ditempatkan di dekat sekolah dan tempat bermain anak!
  • Munculnya rokok dengan berbagai rasa, kayak cokelat, mangga, dan menthol! Padahal, ini jelas-jelas strategi industri rokok buat menarik minat anak-anak dan remaja!
  • Promosi rokok elektrik yang makin marak! Padahal, rokok elektrik juga sama berbahayanya dengan rokok konvensional!

Sahabat Brainy, kita semua harus bersatu dan terus menyuarakan aspirasi agar Pemerintah lebih tegas melindungi anak-anak dari bahaya rokok! Jangan sampai masa depan generasi penerus bangsa ini hancur karena asap rokok! Yuk, kita dukung upaya pengendalian tembakau dan ciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari asap rokok!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka