Rita Susmito

Hai, Sahabat Brainy! Kolesterol, si lemak yang mirip lilin ini, emang penting buat tubuh. Tapi, kalo kebanyakan, bahaya juga, lho! Bisa bikin darah tinggi, diabetes, sampai obesitas.

Banyak hal yang bisa bikin kolesterol naik, kayak kebanyakan makan berlemak, minuman manis, alkohol, usia, stres, menopause, hormon tiroid yang kurang, atau penyakit tertentu.

Nah, biasanya orang yang kolesterolnya tinggi ngerasain beberapa gejala, seperti gampang capek, sering ngantuk, kaki pegal, sama tengkuk yang pegal-pegal.

Eh, tapi nggak cuma itu, lho! Kolesterol tinggi juga bisa ninggalin jejak di mata dan wajah kita. Penasaran? Yuk, simak tanda-tandanya!

Kenali Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Wajah dan Mata

1. Jerawat Kekuningan

Kadang, kolesterol jahat ini bisa numpuk di bawah permukaan kulit dan bikin muncul jerawat kecil-kecil warna kuning. Jerawat ini namanya xanthomas. Biasanya muncul di pipi, kelopak mata, atau area sekitar mata. Nggak sakit sih, tapi ini tanda kalau kolesterolmu lagi tinggi, lho!

2. Xanthelasma

Nah, kalo yang ini, namanya xanthelasma, tanda kolesterol tinggi yang paling sering nongol di area mata. Bentuknya kayak bercak kuning yang agak menonjol di sekitar kelopak mata atas atau bawah, dekat hidung. Tenang, xanthelasma ini nggak bahaya kok, tapi kalo dibiarin bisa ganggu penampilan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Biasanya, xanthelasma sering muncul di wanita keturunan Asia atau Mediterania. Tapi, orang yang punya berat badan berlebih, diabetes, darah tinggi, atau perokok juga bisa kena, lho!

3. Arcus Senilis

Pernah lihat lingkaran biru, putih, atau abu-abu di bagian luar depan mata? Nah, itu namanya arcus senilis. Lingkaran ini muncul karena lemak numpuk di kornea mata. Arcus senilis sering muncul di orang yang usianya di atas 60 tahun, tapi bisa juga lho muncul di orang dewasa di bawah 40 tahun.

4. Oklusi Vena Retina

Retina itu jaringan di belakang mata yang nerima suplai darah dari arteri dan vena. Kalo vena tersumbat, aliran darah dan cairan ke retina bakal terganggu, deh. Akibatnya, mata bisa bengkak. Kondisi ini namanya oklusi vena retina.

Oklusi vena retina biasanya nyerang orang yang usianya di atas 50 tahun. Orang yang punya darah tinggi, diabetes, glaukoma, dan pembuluh darah mengeras juga punya risiko lebih tinggi.

Gejala Oklusi Vena Retina:

  • Penglihatan kabur di salah satu mata
  • Penglihatan di salah satu mata berubah
  • Muncul bintik atau garis gelap di penglihatan
  • Mata terasa nyeri

5. Plak Hollenhorst

Plak hollenhorst ini muncul di mata karena kolesterol numpuk di arteri. Biasanya muncul di orang dewasa dan bisa ganggu penglihatan. Walaupun nggak selalu nunjukkin gejala, tapi plak hollenhorst ini bisa jadi pemicu stroke, lho!

Tanda-tanda kolesterol tinggi

Nah, Sahabat Brainy, itu tadi beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa muncul di wajah dan mata. Ingat, jaga kesehatanmu ya! Kalo ngerasa ada gejala-gejala di atas, mending langsung cek ke dokter biar lebih pasti. 😉

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka