Rita Susmito

Sahabat Brainy, buat kalian yang mau berangkat haji atau umroh, ada kabar penting nih! Ternyata, penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) itu sering banget menyerang para jemaah, lho. Biar ibadah lancar dan nggak terganggu, yuk kita cari tahu lebih lanjut!

Bahaya ISPA Saat Haji dan Umroh

Berdasarkan data haji tahun 2023, ISPA jadi penyakit yang paling banyak diderita jemaah. Bayangin aja, dari total semua kloter, ada 158.804 orang yang kena ISPA! Nggak cuma itu, ISPA juga bisa bikin komplikasi serius kayak pneumonia, yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Duh, serem banget, ya?

Jemaah Haji mengenakan masker untuk mencegah ISPA

Kenapa Sih ISPA Gampang Nular?

Waktu naik haji atau umroh, kita pasti sering banget ketemu dan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari sebelum berangkat, di pesawat, sampai di Tanah Suci. Nah, kondisi ini bikin virus penyebab ISPA gampang banget menyebar.

Tips Cegah ISPA Saat Haji dan Umroh

Tenang, sahabat Brainy, ada beberapa cara kok buat mencegah ISPA:

  • Pakai Masker: Masker itu penting banget buat melindungi kita dari virus dan bakteri. Jadi, jangan lupa selalu pakai masker selama perjalanan, ya!
  • Jaga Kesehatan: Makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan istirahat yang cukup bisa bikin tubuh kita lebih kuat melawan penyakit.
  • Pola Hidup Sehat: Rajin cuci tangan pakai sabun, hindari menyentuh wajah, dan jaga kebersihan lingkungan sekitar.
  • Vaksinasi: Vaksinasi influenza bisa bantu melindungi kita dari virus influenza, salah satu penyebab ISPA yang paling umum.

Meskipun vaksin punya efek samping, tapi manfaatnya jauh lebih besar, lho. Jadi, jangan ragu buat vaksinasi sebelum berangkat haji atau umroh, ya!

Yuk, Jaga Kesehatan Biar Ibadah Lancar!

Sahabat Brainy, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang mau naik haji atau umroh. Ingat, jaga kesehatan itu penting banget biar ibadah kita lancar dan nggak terganggu penyakit. Selamat beribadah!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka