Rita Susmito

Hai, Sahabat Brainy! Ada kabar baru nih dari dunia kesehatan. Kasus flu burung lagi rame diomongin, terutama karena penyebarannya yang makin variatif. Bayangin, sekarang virus ini udah bisa nular dari sapi ke manusia! 😱

Seseorang memegang tabung reaksi berlabel Flu Burung dalam ilustrasi gambar.

Di Amerika Serikat, tepatnya di Michigan, kasus penularan flu burung dari sapi ke peternak kembali terjadi. Kabar buruknya, ini adalah kasus ketiga dengan gejala yang lebih serius, yaitu gangguan pernapasan. Sebelumnya, dua peternak di AS juga kena flu burung, tapi gejalanya cuma mata berair aja.

Kok bisa sih, sapi nularin flu burung? 😥

Jadi, awalnya ada laporan dari seorang peternak yang kena cipratan susu sapi di matanya. Eh, ternyata dia positif kena influenza A (H5), salah satu jenis virus flu burung.

Nah, si peternak ini ternyata nggak pakai alat pelindung diri (APD) waktu lagi ngurusin sapi-sapinya. Padahal, pemerintah AS udah mewajibkan penggunaan APD buat para peternak demi mencegah penularan.

Untungnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, risiko penularan flu burung ini masih tergolong rendah dan belum jadi ancaman serius kayak COVID-19. Sejauh ini, kasus penularannya juga masih terbatas dari hewan ke manusia, belum ada kasus penularan antar manusia.

Tapi, pemerintah AS nggak mau kecolongan, nih. Mereka lagi ngebut nyiapin vaksin flu burung jenis RNA yang dibuat oleh Moderna. Vaksin ini rencananya bakal disebarluaskan ke seluruh negeri.

Nggak cuma itu, Departemen Pertanian AS juga lagi gencar ngelakuin uji coba vaksin khusus buat hewan ternak yang terinfeksi virus H5N1, lho!

Wah, semoga aja vaksin ini cepet tersedia dan efektif buat mencegah penyebaran flu burung yang makin meluas, ya! 🙏

Kamu juga jangan lupa buat jaga kesehatan dan selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, ya! 😉

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka