Rita Susmito

Buah leci.  (Foto: Antara)

Hai sahabat Brainy! Siapa di sini yang suka banget sama buah leci? Rasanya yang manis dan segar emang bikin nagih, ya! Tapi, tahu nggak sih kalau buah kecil asal Tiongkok ini punya segudang manfaat buat kesehatan kita? Nggak cuma enak, leci juga kaya vitamin C, potasium, dan nutrisi penting lainnya, lho!

Penasaran apa aja sih manfaat makan leci buat tubuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya dari Brainy Buddy!

7 Manfaat Makan Leci untuk Kesehatan

1. Bikin Tubuh Tetap Terhidrasi

Leci tuh mengandung banyak banget air, sahabat Brainy! Jadi, cocok banget buat jaga hidrasi tubuh, apalagi pas cuaca panas terik. Nggak cuma itu, leci juga bisa bantu kembalikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Dijamin, deh, tubuh kamu bakal tetap segar dan nggak gampang lemas!

2. Sumber Vitamin C yang Melimpah

Satu porsi leci aja udah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu, lho! Vitamin C ini penting banget buat jaga daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan pembentukan kolagen. Nggak cuma itu, vitamin C juga bantu lindungi tubuh dari radikal bebas dan bantu penyerapan zat besi.

3. Lancarkan Pencernaan

Leci mengandung banyak serat yang baik buat pencernaan kamu. Makan leci secara rutin bisa bantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Wah, pas banget nih buat kamu yang punya masalah pencernaan!

4. Meningkatkan Energi

Leci mengandung karbohidrat yang tinggi, termasuk gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Nah, gula alami ini bisa memberikan energi secara cepat, lho! Jadi, cocok banget buat kamu yang butuh tambahan energi di tengah aktivitas yang padat.

5. Mengurangi Peradangan

Leci kaya akan polifenol dan antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi. Kandungan ini bisa bantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

6. Bantu Menjaga Berat Badan

Buat kamu yang lagi jaga berat badan, leci bisa jadi pilihan camilan yang tepat, nih! Leci rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat yang bikin kamu merasa kenyang lebih lama.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada leci juga bermanfaat buat menjaga kesehatan kulit kamu, lho! Nutrisi ini bisa melawan radikal bebas yang bisa bikin penuaan dini dan mendukung produksi kolagen yang bikin kulit kamu tetap kencang dan awet muda.

Tips Mengonsumsi Leci

Nah, biar manfaatnya maksimal, sebaiknya konsumsi 10-12 buah leci per hari, ya! Waktu terbaik buat makan leci adalah di pagi hari saat perut masih kosong. Soalnya, hal ini bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi. Kamu juga bisa makan leci sebagai camilan sehat di antara waktu makan, lho!

Gimana, sahabat Brainy? Banyak banget kan manfaat buah leci buat kesehatan? Jadi, jangan ragu buat konsumsi buah leci secara rutin, ya!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka