Rita Susmito

Hai, sahabat Brainy! Tau nggak sih, ternyata orang dewasa juga butuh vaksinasi, lho. Salah satunya untuk mencegah penyakit Herpes Zoster, alias cacar api. Hmm, kok bisa sih? Yuk, kita bahas!

Orang Indonesia Lebih Rawan Terpapar Herpes Zoster/Unair.jpg

Herpes Zoster itu penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster, sama kayak virus cacar air. Gejalanya sih mirip, muncul ruam di kulit dan bintil berisi cairan. Bedanya, Herpes Zoster ini bikin kulit terasa panas dan nyeri banget, makanya disebut cacar api. Nah, virus ini biasanya muncul lagi di orang yang udah pernah kena cacar air. Jadi, virusnya tuh "tidur" di dalam tubuh dan bisa aktif lagi kapan aja.

Sayangnya, kata pak Samsuridjal Djauzi, seorang pakar imunisasi, orang Indonesia lebih gampang kena Herpes Zoster dibanding negara lain. Di negara lain mungkin baru muncul di usia 60 tahun ke atas, tapi di Indonesia bisa lebih cepat. Parahnya lagi, banyak orang yang masih ngandalin pengobatan tradisional yang belum tentu aman dan malah bisa bikin infeksi. Duh, bahaya banget kan?

Meskipun bukan penyakit mematikan, Herpes Zoster yang nggak diobati dengan benar bisa ninggalin rasa nyeri yang berkepanjangan, lho. Nyeri ini bisa ganggu aktivitas sehari-hari dan bikin kualitas hidup menurun. Nggak mau kan, sahabat Brainy?

Makanya, vaksin Herpes Zoster disarankan buat orang Indonesia mulai usia 50 tahun ke atas, orang dewasa di atas 18 tahun dengan kekebalan tubuh rendah, dan orang yang pernah kena cacar air. Orang dengan penyakit kronis juga disarankan buat vaksinasi ini, karena mereka lebih rentan kena Herpes Zoster.

Vaksinnya diberikan dua dosis dengan jeda 2 sampai 6 bulan setelah dosis pertama.

Vaksin Penting Lainnya Buat Orang Dewasa

Selain Herpes Zoster, ada beberapa vaksin lain yang penting buat orang dewasa, nih:

  • Tetanus, Difteri, dan Pertusis (Tdap): Kalau sebelumnya udah lengkap, bisa diulang 10 tahun sekali.
  • Hepatitis B: Kalau udah lengkap, nggak perlu diulang lagi.
  • HPV: Buat para wanita, tapi kalau udah divaksinasi waktu sekolah, nggak perlu diulang.
  • Influenza: Disuntikkan satu dosis setahun sekali.
  • Pneumonia: Bisa sekali seumur hidup atau lima tahun sekali.

Nah, gimana sahabat Brainy? Udah paham kan pentingnya vaksinasi buat orang dewasa? Yuk, jaga kesehatan kita dan keluarga dengan vaksinasi!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka