Rita Susmito

Hai Sahabat Brainy! Siapa sih yang nggak pengen hidup sehat? Nah, tekanan darah tinggi alias hipertensi ini bisa jadi pengganggu banget buat kesehatan kita. Kalau dibiarin, bisa-bisa malah nimbulin penyakit serius lainnya. 😨

Tenang, selain minum obat, ternyata ada cara alami yang bisa bantu kita ngatur tekanan darah, lho! Yup, rempah-rempah! 🤩

Gaya hidup yang kurang sehat kayak jarang olahraga atau kebanyakan makan asin emang bisa bikin tekanan darah naik. Banyak orang yang akhirnya ngandelin obat kimia buat nurunin tekanan darah. 💊

Tapi, kalau keseringan minum obat kimia, ginjal kita yang kasian, Sahabat Brainy. Nah, makanya, lebih baik kita coba deh beralih ke cara yang lebih alami, yaitu dengan memanfaatkan rempah-rempah. 😉

Penelitian nunjukin kalau ada banyak banget rempah-rempah yang biasa kita pakai di dapur punya segudang manfaat, termasuk buat nurunin tekanan darah tinggi! Penasaran apa aja? Yuk, simak! 👇

7 Rempah Turunkan Darah Tinggi

Berikut ini adalah 7 rempah yang bisa bantu turunkan kadar darah tinggi:

1. Bawang Putih

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan

Bawang putih punya senyawa allicin yang bikin aromanya khas banget. Nah, allicin ini jago banget buat melancarkan pembuluh darah dan nurunin tekanan darah tinggi, lho!

2. Seledri

Ekstrak biji seledri ternyata ampuh buat nurunin tekanan darah tinggi. Nggak cuma itu, seledri juga aman dikonsumsi buat ibu hamil yang lagi berjuang ngatur tekanan darahnya. 🤰

Mau coba yang lebih mantap? Campur seledri sama cuka! Racikan ini bisa bantu redain pusing, sakit kepala, sama pegal-pegal di bahu yang disebabkan sama tekanan darah tinggi. 💆‍♀️

3. Kemangi

Wanginya yang seger bikin masakan makin sedap! Eits, tapi jangan salah, kemangi punya eugenol, antioksidan yang bisa bikin tekanan darah lebih stabil dan bikin pembuluh darah kita rileks. Eugenol ini bekerja dengan cara menghambat saluran kalsium yang bikin tekanan darah naik.

4. Jahe

Minuman hangat jahe emang juara deh buat menghangatkan badan. Tapi, Sahabat Brainy tau nggak sih kalo jahe juga punya senyawa yang cara kerjanya mirip kayak obat darah tinggi? Jahe bisa bantu jantung kita bekerja lebih baik, ngontrol kolesterol, dan pastinya, ngatur tekanan darah. 💪

5. Kayu Manis

Aroma kayu manis emang juara deh buat bikin kue makin nikmat. Tapi, siapa sangka kalo kayu manis juga bisa bantu nurunin tekanan darah? Yup, kayu manis bisa bantu nurunin tekanan darah sistolik dan diastolik.

Supaya efeknya lebih terasa, coba deh konsumsi kayu manis selama 12 hari. Nggak cuma itu, kayu manis juga bisa bantu jaga kesehatan jantung dengan cara nurunin kadar kolesterol dan trigliserida yang lagi tinggi-tingginya. 💖

6. Kapulaga

Rempah yang satu ini punya aroma manis yang khas banget. Nggak cuma bikin masakan makin sedap, kapulaga juga punya antioksidan yang bisa bantu ngontrol tekanan darah, lho!

Nggak cuma itu, kapulaga juga punya segudang manfaat lainnya, kayak ningkatin kinerja jantung, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, sampai menangkal radikal bebas! Wah, lengkap banget, ya? ✨

7. Basil

Basil atau daun kemangi ternyata punya manfaat yang oke juga buat nurunin darah tinggi! Kandungan eugenol di dalamnya bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan berlebih.


Nah, itu dia 7 rempah andalan yang bisa bantu kita ngontrol tekanan darah tinggi. Tapi inget ya, Sahabat Brainy, meskipun alami, kita tetep harus jaga pola makan dan gaya hidup sehat biar hasilnya maksimal! 😉

Jangan lupa buat terus pantengin Brainy Buddy buat dapetin tips kesehatan lainnya, ya! 👋

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka