Rita Susmito

Hai sahabat Brainy! Siapa di sini yang suka banget ngemil rumput laut? Rasanya yang gurih alami emang bikin nagih, ya! Nggak cuma enak, ternyata rumput laut juga punya segudang manfaat buat kesehatan, lho! Salah satunya, bisa bantu jaga kesehatan jantung kita.

Rumput laut itu termasuk jenis alga yang tumbuh di laut, biasanya nempel di bebatuan di pinggir pantai. Di beberapa negara Asia kayak Jepang, Korea, dan Cina, rumput laut udah jadi makanan sehari-hari.

Nah, rumput laut ini bisa diolah jadi berbagai macam makanan, mulai dari sushi, sup, salad, sampai suplemen. Menariknya, kandungan karbohidrat di dalam rumput laut ternyata bisa cegah penggumpalan darah yang bisa picu penyakit jantung, lho!

Penasaran apa aja sih manfaat rumput laut buat kesehatan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

7 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Rumput laut/Istimewa

1. Kaya Antioksidan

Rumput laut mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini penting banget buat menangkal radikal bebas di tubuh kita. Ditambah lagi, rumput laut punya vitamin A, C, dan E yang bisa bantu melindungi sel-sel tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah diabetes.

2. Bantu Jaga Kesehatan Usus

Di dalam usus kita, ada bakteri baik yang berperan penting buat sistem pencernaan. Nah, kalau jumlah bakteri baik dan jahat di usus nggak seimbang, bisa bikin usus kita bermasalah.

Rumput laut punya kandungan serat yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari sayuran lainnya! Serat ini bisa bantu melancarkan pencernaan dan mengurangi bakteri jahat di usus kita.

3. Bantu Turunin Berat Badan

Buat yang lagi program diet, rumput laut bisa jadi pilihan camilan sehat, nih! Serat di dalam rumput laut bisa bikin kita merasa kenyang lebih lama, sehingga otomatis bisa bantu turunin berat badan.

Nggak cuma itu, ada zat di dalam rumput laut yang namanya fucoxanthin yang punya efek anti-obesitas. Penelitian pada hewan nunjukin kalo fucoxanthin bisa bantu ngurangin lemak di tubuh, lho!

4. Jaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, sampai kenaikan berat badan.

Nah, rumput laut ini punya segudang manfaat buat jaga kesehatan jantung kita! Kandungan karbohidrat di dalam rumput laut bisa mencegah penggumpalan darah, dan rumput laut juga bisa bantu nurunin kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

5. Turunin Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan pola makan yang nggak sehat. Nah, rumput laut bisa jadi salah satu makanan yang baik buat mencegah diabetes, lho!

Penelitian nunjukin kalo fucoxanthin yang ada di dalam rumput laut cokelat bisa bantu kontrol kadar gula darah. Menarik banget, kan?

6. Sumber Vitamin dan Mineral

Rumput laut itu kaya banget sama vitamin dan mineral, lho! Ada vitamin A, C, E, K, folat, zinc, natrium, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan ini penting banget buat jaga kesehatan tubuh kita.

Nggak cuma itu, protein di dalam rumput laut, kayak spirulina dan chlorella, juga mengandung asam amino esensial yang baik buat tubuh.

7. Dukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid itu punya peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Nah, kelenjar tiroid ini butuh yodium supaya bisa bekerja dengan baik.

Kabar baiknya, rumput laut bisa menyerap yodium dan punya kandungan asam amino tirosin yang bisa bantu kerja kelenjar tiroid.

Gimana, sahabat Brainy? Banyak banget kan manfaat rumput laut buat kesehatan? Yuk, mulai sekarang kita rutin konsumsi rumput laut, tapi tetap ingat untuk mengonsumsinya dalam porsi yang cukup, ya!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka