Michael Leonardo

Hai sahabat Brainy! Kabar sedih nih, Venezuela diprediksi akan jadi negara pertama di dunia yang kehilangan semua gletsernya. Gimana bisa gitu?

Ilustrasi gletser. Venezuela akan menjadi negara pertama di dunia yang kehilangan gletser.

Jadi, gletser itu sebenernya bongkahan es dan salju raksasa yang terbentuk di darat dan bergerak perlahan menuruni lereng. Nah, di Venezuela, dulunya ada enam gletser di Pegunungan Sierra Nevada de Merida. Sayangnya, lima di antaranya udah hilang pada tahun 2011.

Sekarang, tinggal gletser Humboldt alias La Corona yang tersisa. Parahnya lagi, luasnya udah nggak sampai dua hektar! Gletser ini bahkan udah dianggap sebagai "ladang es" karena ukurannya yang kecil banget.

Kok Bisa Gitu?

Sebenarnya, tanda-tanda hilangnya gletser di Venezuela udah terlihat sejak tahun 2000-an, sahabat Brainy. Lapisan esnya semakin menipis.

Pada Maret 2023, luas gletser Humboldt menyusut drastis dari 450 hektar jadi cuma dua hektar! Pemerintah Venezuela pun sempet berencana buat nutupin sisa gletser pake selimut termal. Mereka berharap cara ini bisa memperlambat atau bahkan membalikkan proses pencairan es.

Sayangnya, ide ini malah dikritik sama para ilmuwan iklim. Mereka khawatir selimut itu malah mencemari lingkungan sekitar dengan partikel plastik.

Para ahli juga bilang, hilangnya gletser di gunung itu susah banget diperbaiki. Soalnya, selama musim panas, gletser butuh banyak es buat memantulkan sinar matahari dan ngejaga udara di sekitarnya tetap dingin.

Nah, kalo gletsernya udah hilang, sinar matahari bakal bikin tanah jadi lebih panas, dan es jadi makin susah terbentuk.

Indonesia Terancam?

Menurut para peneliti, Indonesia, Meksiko, dan Slovenia juga punya potensi kehilangan gletser dalam waktu dekat.

Kenapa? Karena ketiga negara ini letaknya relatif dekat sama garis khatulistiwa dan berada di dataran rendah. Hal ini bikin lapisan es di negara-negara tersebut rentan terhadap pemanasan global.

Proyeksi terbaru nunjukin kalo dunia bakal kehilangan 20-80% gletser pada tahun 2100. Wah, ngeri banget, ya?

Nah, sahabat Brainy, semoga informasi ini bisa bikin kita makin aware sama isu perubahan iklim dan dampaknya bagi lingkungan. Yuk, sama-sama kita jaga bumi!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka