Michael Leonardo

Halo Sahabat Brainy! Dunia politik lagi rame nih. Bayangin aja, sekarang anak muda yang usianya masih 25 tahun bisa aja lho jadi bupati, walikota, atau bahkan gubernur! Kok bisa? Nah, ini semua gara-gara Mahkamah Agung (MA) nih.

Jadi ceritanya, MA baru aja ngabulin gugatan dari Ketua Umum Partai Garuda, namanya Ahmad Ridha Sabana. Gara-gara gugatan itu, aturan batas usia minimum buat calon kepala daerah diubah.

Dulu, syaratnya umur minimal 30 tahun buat calon gubernur dan wakil gubernur, dan 25 tahun buat calon bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota pas daftar jadi calon. Nah, sekarang diubah jadi umur segitu pas dilantik. Gokil kan?

Kaesang Jadi Gubernur?

Banyak yang bilang nih, putusan MA ini nguntungin Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, yang lagi rame diisukan mau nyalonin diri jadi kepala daerah di Jakarta atau Bekasi. Soalnya, Kaesang sendiri kan masih muda banget tuh. Hmm, apa iya?

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat ditemui wartawan di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Siapa Sih Ahmad Ridha Sabana Ini?

Nah, daripada nebak-nebak, mending kenalan dulu sama sosok Ahmad Ridha Sabana yang bikin heboh ini:

Profil Singkat
Nama Lengkap Ahmad Ridha Sabana
Lahir Banjarmasin, 22 Januari 1972
Profesi Politikus, Pengusaha
Partai Ketua Umum Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) sejak 16 April 2015
Pengalaman Politik Pernah nyalon jadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra di Pemilu 2014
Keluarga Adik dari Ahmad Riza Patria (mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2020-2022)

Ternyata, selain jadi politikus, Ahmad ini juga pengusaha sukses lho. Dia punya banyak perusahaan di berbagai bidang, mulai dari konstruksi, properti, teknologi, sampai industri kimia. Keren ya?

Alasan Gugat Aturan Batas Usia

Kata Sekretaris Jenderal Partai Garuda, Yohanna Murtika, gugatan ini diajuin berdasarkan hasil diskusi dan rapat internal partai. Tujuannya, buat ngasih kesempatan yang lebih luas bagi anak muda untuk berkontribusi di dunia politik.

Yohanna juga bilang, gugatan ini sama sekali gak ada hubungannya sama Jokowi atau Kaesang. "Ini murni keinginan Partai Garuda untuk memajukan anak muda," tegasnya.

Gimana nih menurut Sahabat Brainy? Setuju nggak sih kalau anak muda yang usianya masih 25 tahunan udah boleh nyalonin diri jadi kepala daerah? Kasih pendapat kamu di kolom komentar ya!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka