Michael Leonardo

Hai, sahabat Brainy! Ada berita yang bikin geleng-geleng kepala nih. Bayangin aja, negara kita dirugikan sampai Rp300 triliun gara-gara dugaan korupsi timah! 🤯 Katanya, sih, kasus ini melibatkan tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 sampai 2022.

Kejaksaan Agung (Kejagung) bareng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) lagi gencar banget nih ngusut kasus ini.

Katanya, perhitungan kerugian negara yang fantastis ini udah dilakukan sama para ahli, lho! Bahkan, kasusnya sendiri udah mau masuk tahap akhir pemberkasan dan dalam waktu dekat bakal segera disidangkan. Mantap! 👍

Kok Bisa Rugi Banyak Banget?

Nah, Jampidsus alias Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Febrie Ardiansyah, bilang kalau angka Rp300 triliun itu bukan potensi kerugian, tapi kerugian yang beneran nyata adanya. Duh, sedih banget, kan? 😔

Terus, Kepala BPKP Bidang Investasi, Agustina Arumsari, juga menjelaskan kalau penetapan kerugian negara sebesar itu didapat setelah diskusi panjang lebar sama enam ahli lingkungan, lho. Salah satunya adalah pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB), yaitu Bambang Hero Saharjo.

Kerusakan Lingkungan Jadi Faktor Utama

Ternyata, guys, dari total kerugian Rp300 triliun itu, yang paling gede adalah kerugian akibat kerusakan lingkungan, yaitu mencapai Rp271 triliun! 🌳 Kerusakan ini terjadi di beberapa lokasi pertambangan timah di Bangka Belitung.

Pakar lingkungan, Bambang, bilang kalau dari hasil uji laboratorium terhadap sampel tanah dan vegetasi di lokasi tambang, kerusakannya parah banget. Padahal, kalau lingkungannya terjaga, negara bisa dapet keuntungan lebih banyak, baik dari segi keuangan maupun lingkungan.

Siapa Aja Tersangkanya?

Sampai saat ini, udah ada 22 orang yang jadi tersangka dalam kasus ini. Salah satunya adalah mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM periode 2015-2020. Waduh!

Kolase foto Harvey Moeis mengenakan rompi tahanan Kejagung dan sang istri Sandra Dewi yang diperiksa Kejagung

Nah, ini dia daftar lengkap 22 tersangka kasus korupsi timah:

  1. SW (mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung)
  2. BN (mantan Plt Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung)
  3. AS (mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung)
  4. Hendry Lie (HL)
  5. Fandy Lingga (FL)
  6. Toni Tamsil (TT) alias Akhi
  7. Suwito Gunawan (SG)
  8. MB Gunawan (MBG)
  9. Tamron Tamsil alias Aon (TN)
  10. Hasan Tjhie (HT) alias ASN
  11. Kwang Yung alias Buyung (BY)
  12. Achmad Albani (AA)
  13. Robert Indarto (RI)
  14. Rosalina (RL)
  15. Suparta (SP)
  16. Reza Andriansyah (RA)
  17. Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT)
  18. Emil Ermindra (EE)
  19. Alwin Akbar (ALW)
  20. Helena Lim (HLN)
  21. Harvey Moeis (HM)
  22. Bambang Gatot Ariono (BGA)

Wah, semoga kasus ini cepat selesai dan para pelaku dihukum setimpal, ya! Semoga kasus ini juga bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk selalu menjaga lingkungan dan negara kita! 💪

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka