Michael Leonardo

Hai Sahabat Brainy! Siapa yang suka jalan-jalan santai? Ternyata, jalan kaki itu nggak cuma enak buat refreshing, tapi juga punya segudang manfaat buat kesehatan tubuh kita, lho!

Penasaran apa aja sih keajaiban yang terjadi saat kita rutin jalan kaki? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa yang Terjadi Saat Kita Jalan Kaki Tiap Hari?

Ini yang terjadi pada tubuh saat jalan kaki setiap hari.

Setiap kali kita melangkahkan kaki, tubuh kita sebenarnya lagi memberikan respons positif yang bikin badan dan pikiran jadi lebih sehat.

Nggak percaya? Nih, Brainy Buddy kasih tau beberapa buktinya:

1. Jantung Jadi Lebih Sehat

Jalan kaki itu termasuk olahraga ringan yang bagus banget buat jantung kita. Saat kita jalan kaki, jantung bakal berdetak lebih cepat, sehingga peredaran darah jadi lebih lancar. Hasilnya? Tekanan darah terkontrol dan risiko penyakit jantung serta stroke pun menurun.

2. Otot-otot Makin Kuat

Jalan kaki secara rutin bisa memperkuat otot-otot di kaki, pinggul, dan inti tubuh kita. Nah, otot yang kuat ini nggak cuma bikin kita makin bertenaga, tapi juga bikin badan lebih seimbang dan nggak gampang jatuh.

3. Metabolisme Lancar Jaya!

Buat yang lagi program diet, jalan kaki bisa jadi pilihan olahraga yang tepat nih! Soalnya, jalan kaki bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori jadi lebih cepat. Berat badan pun terkontrol deh!

4. Sendi Jadi Lebih Sehat

Jalan kaki ternyata juga baik untuk kesehatan sendi, lho! Aktivitas ini bisa membantu menjaga kelenturan dan melumasi sendi, sehingga cocok buat Sahabat Brainy yang punya masalah arthritis.

5. Pikiran Lebih Tenang dan Bahagia

Jalan kaki nggak cuma menyehatkan badan, tapi juga bisa bikin pikiran lebih rileks. Saat kita jalan kaki, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bikin perasaan jadi lebih senang, tenang, dan berenergi. Stres, cemas, dan gejala depresi pun bisa berkurang.

6. Otak Makin Encer!

Jalan kaki, terutama di luar ruangan, ternyata bisa meningkatkan fungsi kognitif dan daya kreativitas kita, lho! Udara segar dan pemandangan alam yang indah bisa memberikan sensasi menyegarkan yang bikin otak jadi lebih encer.

7. Umur Lebih Panjang

Nah, ini dia yang paling amazing! Beberapa penelitian nunjukin kalau jalan kaki setiap hari bisa menurunkan risiko kematian secara signifikan. Jadi, buat Sahabat Brainy yang mau panjang umur, yuk biasakan jalan kaki mulai sekarang!

Berapa Lama Sih Sebaiknya Jalan Kaki Tiap Hari?

Mungkin selama ini banyak yang berpikir kalau jalan kaki sehat itu harus sampai 10.000 langkah per hari.

Eits, tapi ternyata nggak harus sebanyak itu kok!

Berdasarkan penelitian terbaru, jalan kaki sebanyak 2.600 langkah per hari aja udah cukup buat dapetin manfaat sehatnya.

Bahkan, jalan kaki dengan jumlah langkah yang lebih sedikit pun tetap memberikan manfaat positif bagi kesehatan, lho!

Jadi, mulai sekarang, yuk biasakan jalan kaki setiap hari! Nggak perlu langsung yang berat-berat kok.

Mulailah dari yang ringan dulu, misalnya jalan kaki santai di sekitar rumah selama 15-20 menit.

Yang penting konsisten, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba, Sahabat Brainy!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka