Michael Leonardo

Denger-denger SIM mau diganti jadi NIK, nih! Eits, jangan panik dulu, Sahabat Brainy. Biar nggak salah paham, yuk kita kupas tuntas info resminya!

Jadi gini, Korlantas Polri emang lagi ngerencanain buat gantiin nomor SIM kita dengan NIK KTP. Rencananya sih mulai tahun 2024 nanti.

Ilustrasi SIM. Cara Perpanjang SIM Mati Tanpa Buat Baru.

Alasannya simpel, biar semua data kita terpusat dan gampang diakses. Bayangin aja, nanti kalau mau ngecek data diri tinggal pake NIK, langsung keluar deh semua, mulai dari KTP, SIM A, SIM C, NPWP, BPJS, lengkap! Praktis banget, kan?

Terus, Gimana Nasib SIM Lama?

Tenang, Sahabat Brainy. Buat yang udah punya SIM, nggak perlu buru-buru ganti kok.

Program ini bakal disosialisasikan dulu mulai Juli 2024. Nah, perubahan nomor SIM jadi NIK ini bakal dilakukan bertahap, seiring dengan masa aktif SIM kita.

Jadi, semisal SIM kamu masih berlaku sampai 2026, ya nggak perlu ganti sekarang. Nanti aja pas perpanjang, baru deh nomornya otomatis berubah jadi NIK. Gampang, kan?

Pembuatan SIM Makin Ketat!

Nggak cuma itu, proses pembuatan SIM juga bakal dibikin lebih ketat, lho. Rencananya sih, pembuatan SIM bakal dipusatkan di satu tempat aja alias tersentralisasi.

Tujuannya apa? Biar nggak ada lagi tuh yang namanya bikin SIM jalur pintas, cuma modal foto doang. Semua peserta wajib ikutin ujian teori dan praktik sesuai prosedur.

Bahkan, sistem ujiannya juga bakal canggih banget! Bakal pakai teknologi face recognition gitu, jadi nggak mungkin lagi deh nitip ujian ke orang lain.

Nah, itu dia sekilas info tentang rencana perubahan nomor SIM jadi NIK. Gimana menurut Sahabat Brainy? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka