Michael Leonardo

Hai Sahabat Brainy! Kabar gembira nih, pemerintah lewat PT Taspen (Persero) bakalan mulai cairin gaji ke-13 buat para pensiunan dan penerima tunjangan mulai Senin, 3 Juni 2024. Pembayarannya bakal langsung masuk ke rekening masing-masing, jadi nggak perlu ribet deh!

Nah, biar nggak penasaran, yuk kita bahas tuntas tentang gaji ke-13 ini! Mulai dari komponen gaji yang didapat, siapa aja sih yang berhak nerimanya, sampe yang nggak kebagian juga. Simak terus ya!

Komponen Gaji yang Bikin Semangat!

Gaji ke-13 ini full tanpa potongan iuran atau kredit pensiun, lho! Cuma pajak penghasilan aja yang kepotong.

Buat PNS, PPPK, TNI, Polri, pejabat negara, dan beberapa instansi lain yang dananya dari APBN, komponen gaji ke-13 nya adalah:

  • Gaji pokok
  • Tunjangan keluarga
  • Tunjangan pangan
  • Tunjangan jabatan atau tunjangan umum
  • Tunjangan kinerja (sesuai pangkat, jabatan, dsb.)

Kalo dananya dari APBD, komponennya sedikit beda:

  • Gaji pokok
  • Tunjangan keluarga
  • Tunjangan pangan
  • Tunjangan jabatan atau tunjangan umum
  • Tambahan penghasilan (maksimal setara gaji satu bulan, sesuai aturan instansi masing-masing)

Nah, buat pegawai non-ASN, ada syarat khusus buat dapetin gaji ke-13, yaitu:

  • Udah tanda tangan kontrak kerja yang isinya ada klausul berhak menerima gaji ke-13
  • Udah ditetapkan sebagai penerima gaji ke-13 lewat surat keputusan resmi.

Rincian Gaji Ke-13: Yuk Intip Angkanya!

Penasaran sama nominalnya? Ini dia rincian gaji ke-13 maksimal buat berbagai jabatan dan golongan:

1. Pimpinan dan Anggota Lembaga Non-struktural:

  • Ketua/Kepala: Rp 26.299.000
  • Wakil Ketua: Rp 24.721.200
  • Sekretaris: Rp 23.420.250
  • Anggota: Rp 23.420.250

2. Pegawai Non-ASN di Lembaga Non-struktural & Pejabat Setingkat:

  • Eselon I (Pimpinan Tinggi Utama/Madya): Rp 20.738.550
  • Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama): Rp 16.262.400
  • Eselon III (Administrator): Rp 11.535.300
  • Eselon IV (Pengawas): Rp 8.844.150

3. Pegawai Non-ASN di Instansi Pemerintah (termasuk Lembaga Non-struktural & PTN Baru) Berdasarkan Jenjang Pendidikan:

Jenjang Pendidikan Masa Kerja s/d 10 Tahun Masa Kerja 10-20 Tahun Masa Kerja di atas 20 Tahun
SD/SMP/Sederajat Rp 3.571.050 Rp 3.866.100 Rp 4.210.500
SMA/Diploma I Rp 4.089.750 Rp 4.456.200 Rp 4.884.600
Diploma II/III Rp 4.573.800 Rp 4.971.750 Rp 5.436.900
S1/Diploma IV Rp 5.492.550 Rp 5.967.150 Rp 6.521.550
S2/S3 Rp 6.470.100 Rp 6.964.650 Rp 7.542.150

Siapa Aja Nih yang Dapat Gaji ke-13?

Berdasarkan aturan yang berlaku, berikut ini yang berhak menerima gaji ke-13 tahun 2024:

  • PNS & Calon PNS
  • PPPK
  • Prajurit TNI
  • Anggota Polri
  • Pejabat Negara
  • Pegawai Non-ASN di Instansi Pemerintah
  • Pensiunan & Penerima Pensiun
  • Penerima Tunjangan Bersifat Pensiun
  • Penerima Tunjangan Pokok

Eits, Ada Juga yang Nggak Kebagian!

Sayangnya, nggak semua ASN kebagian rezeki ini. Ada beberapa kondisi yang bikin ASN nggak dapet gaji ke-13, yaitu:

  • Lagi cuti di luar tanggungan negara
  • Lagi ditugasin di luar instansi pemerintah (di dalam atau luar negeri) dengan gaji ditanggung instansi tujuan.

Cuti di luar tanggungan negara ini biasanya karena alasan pribadi yang mendesak, misalnya:

  • Ikut suami/istri tugas negara atau belajar di dalam/luar negeri
  • Mendampingi suami/istri kerja di dalam/luar negeri
  • Program punya anak
  • Mendampingi anak berkebutuhan khusus
  • Merawat orang tua/mertua yang sakit.

Jadwal Pencairan Gaji ke-13, Besaran, dan Penerimanya

Nah, itu dia info lengkap tentang gaji ke-13 tahun 2024. Semoga bermanfaat buat Sahabat Brainy!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka