Michael Leonardo

Hai Sahabat Brainy! 😨 Kabarnya nih, mulai tahun 2027 nanti, gaji kita bakal kena potongan lagi sebesar 3% setiap tanggal 10. Waduh, potongan apa lagi ya? Namanya Tapera, alias Tabungan Perumahan Rakyat.

Ilustrasi gaji pegawai akan dipotong 3 persen setiap tanggal 10 untuk iuran Tapera.

Potongan Tapera ini berlaku buat semua pekerja, baik yang kerja di pemerintahan, perusahaan swasta, bahkan freelancer juga! Nah, buat yang kerja kantoran, perusahaan bakal motong 0,5% dan kita sendiri yang nanggung 2,5%. Sedangkan buat para freelancer, ya harus bayar sendiri deh 3% dari penghasilan.

Tapera ini sebenarnya program pemerintah untuk membantu kita punya rumah. Tapi, kok ya, nambah-nambah potongan aja ya? 😅

Eits, tapi bukan cuma Tapera aja lho yang motong gaji kita tiap bulan. Masih banyak potongan lainnya! Yuk, kita bahas satu per satu biar gak bingung!

8 Jenis Potongan Gaji Karyawan

1. Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat)

  • Mulai berlaku tahun 2027
  • Besaran potongan: 3% dari gaji
  • Rincian potongan:
    • 0,5% ditanggung perusahaan (pegawai tetap)
    • 2,5% ditanggung pekerja (pegawai tetap)
    • 3% ditanggung pekerja (pekerja mandiri)
  • Dipotong setiap tanggal 10
  • Berlaku untuk:
    • Calon PNS
    • ASN
    • TNI/Polri
    • Pejabat Negara
    • Karyawan BUMN/BUMD/BUMDes
    • Karyawan Perusahaan Swasta
    • Pekerja Mandiri

2. PPh 21 (Pajak Penghasilan)

  • Potongan pajak dari penghasilan kita
  • Cuma berlaku buat yang gajinya minimal Rp4.500.000 per bulan atau Rp54.000.000 per tahun
  • Besaran potongan: 15-35% (tergantung besar gaji)
  • Pembayaran: Bisa kolektif sama perusahaan atau lapor SPT Tahunan sendiri

3. BPJS Kesehatan

  • Iuran jaminan kesehatan kayak asuransi
  • Dibayar per orang per bulan
  • Rincian iuran:
    • Kelas 1: Rp150.000
    • Kelas 2: Rp100.000
    • Kelas 3: Rp42.000 (Rp35.000 ditanggung peserta, Rp7.000 ditanggung pemerintah)
  • Potongan gaji: 5% (4% perusahaan, 1% peserta)
  • Keluarga tambahan: 1% dari gaji per orang per bulan (anak ke-4 dst, ayah, ibu, mertua)

4. JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran yang dikumpulkan dan bisa diambil pas kita udah pensiun
  • Potongan gaji: 5,7% (3,7% perusahaan, 2% pekerja)
  • Pekerja migran: Rp50.000 - Rp600.000 per bulan

5. Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran yang dikumpulkan dan diberikan setiap bulan saat kita pensiun nanti
  • Potongan gaji: 3% (2% perusahaan, 1% pekerja)

6. JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran jaminan kalau kita ngalamin kecelakaan kerja
  • Besaran iuran tergantung risiko pekerjaan:
    • Sangat tinggi: 1,74% dari gaji
    • Tinggi: 1,27% dari gaji
    • Sedang: 0,89% dari gaji
    • Rendah: 0,54% dari gaji
    • Sangat rendah: 0,24% dari gaji

7. JKM (Jaminan Kematian) BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran jaminan yang diberikan ke keluarga kalau kita meninggal dunia
  • Besaran iuran tergantung jenis pekerja:
    • Pekerja penerima upah: 0,3% dari gaji (ditanggung perusahaan)
    • Pekerja bukan penerima upah: Rp6.800 per bulan
    • Pekerja konstruksi: 0,21% dari nilai proyek
    • Pekerja migran: Rp370.000 (termasuk JKK)

8. JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan) BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran jaminan kalau kita kena PHK
  • Sumber dana:
    • 0,22% dari gaji (pemerintah pusat)
    • 0,14% dari gaji (rekomposisi JKK)
    • 0,10% dari gaji (rekomposisi JKM)

Nah, itu tadi Sahabat Brainy, 8 jenis potongan gaji yang harus kita tahu. Memang sih, potongan-potongan ini suka bikin dompet menjerit. Tapi, ingat ya, sebagian besar potongan ini adalah bentuk jaminan untuk kita di masa depan. Jadi, tetap semangat dan kelola keuangan dengan bijak ya! 😉

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka