Michael Leonardo

Sahabat Brainy di Bandung pasti lagi pada ngerasain nih, hawanya lagi panas banget! Udah kaya lagi digoreng, kata beberapa warga Bandung di media sosial. Ada yang ngerasa Bandung sekarang udah kayak Bekasi aja, panasnya. πŸ₯΅

Eh, tapi emang kenapa ya, Bandung jadi panas banget gini? πŸ€”

Kata BMKG, Ini Nih Penyebabnya!

Tenang, sahabat Brainy, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Bandung udah ngejelasin nih, kenapa Bandung bisa sepanas ini.

Jadi, gini ceritanya…

Matahari kita ini lagi ada di posisi yang dekat banget sama ekuator, alias garis khayal yang ngebagi Bumi jadi dua bagian utara dan selatan. Nah, karena Matahari lagi deket sama ekuator yang ada di bagian utara Bumi, daerah-daerah yang dilewati ekuator, termasuk Indonesia, jadinya kena sinar Matahari lebih banyak, deh. Makanya, suhu udaranya jadi kerasa lebih panas dari biasanya. β˜€οΈ


Ilustrasi Kota Bandung.

Selain itu, ternyata suhu panas kayak gini tuh kejadian yang biasa terjadi setiap tahun. Ini karena adanya gerakan semu Matahari, yang bikin suhu udara berubah-ubah dalam satu siklus tahunan. Jadi, jangan kaget kalau tahun depan di bulan yang sama, kita bakal ngerasain panas lagi, sahabat Brainy.

Musim Hujan Mau Pergi, Musim Kemarau Mau Datang

Selain karena Matahari, ada lagi nih yang bikin Bandung panas, yaitu… pergantian musim! πŸ‚

Bulan Mei ini tuh lagi masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia. Makanya, cuacanya jadi agak-agak ekstrem, kadang hujan deras, kadang panas terik.

Nah, salah satu ciri khas masa pergantian musim ini adalah hujan yang biasanya turun sore atau malem hari, abis seharian panas terik. Ini terjadi karena sinar Matahari yang banyak banget di pagi sampe siang hari, bikin udara dari permukaan bumi naik ke atas, terus membentuk awan deh. ☁️

Tapi hati-hati ya, sahabat Brainy! Hujan di masa transisi ini biasanya nggak merata dan cuma sebentar, tapi deres banget. Kadang juga ada petir, angin kencang, atau bahkan hujan es!

Suhu Udara Bandung Masih Normal Kok!

Walaupun kerasa panas banget, tapi BMKG bilang suhu di Bandung masih normal, kok. Siang-siang sekitar jam 12 sampe jam 3 sore, suhunya sekitar 29,4-32,2 derajat Celsius.

Suhu terpanas yang pernah tercatat di Bandung itu 35,8 derajat Celsius, terjadi di bulan Oktober tahun 2023. Tapi tenang aja, BMKG ngira-ngira suhu tertinggi di Bandung nggak bakal lebih dari 33 derajat Celsius kok.

Tetep Jaga Kesehatan Ya!

Meskipun suhu udara masih normal, tapi tetep harus jaga kesehatan ya, sahabat Brainy! Jangan lupa minum air putih yang banyak, pake baju yang adem, dan jangan kelamaan di bawah sinar Matahari langsung. β˜€οΈ

Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga kita semua selalu sehat dan semangat! πŸ’ͺ

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka