Michael Leonardo

Hai sahabat Brainy! Kabar gembira nih, Presiden Jokowi baru saja menandatangani aturan baru tentang Jaminan Kesehatan. Aturan ini intinya bakal ngegabungin kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan jadi satu kelas aja, namanya Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

Nah, KRIS ini rencananya mulai berlaku buat semua rumah sakit yang kerjasama sama BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 30 Juni 2025. Penasaran kan KRIS itu apa sih? Yuk simak penjelasannya!

Kenalan Sama KRIS

Apa itu Kelas Rawat Inap Standar (KRIS)?

KRIS itu standar minimum pelayanan rawat inap yang bakal didapetin semua peserta BPJS Kesehatan. Jadi, semua fasilitas dan layanannya sama, gak dibedain berdasarkan kelas BPJS lagi.

Tujuannya sih biar kualitas layanan rawat inap buat peserta BPJS Kesehatan makin oke dan adil. Gak ada lagi tuh perbedaan fasilitas antara kelas 1, 2, dan 3. Semuanya dapet yang terbaik!

Fasilitas KRIS

Nah, kalo soal fasilitas, KRIS ini punya standar yang harus dipenuhi sama rumah sakit. Ada 12 kriteria, sahabat Brainy:

  1. Bangunannya kokoh dan gak gampang rusak
  2. Ventilasi udara yang bagus, minimal 6 kali pergantian udara per jam
  3. Pencahayaan ruangan yang cukup, minimal 250 lux untuk penerangan dan 50 lux untuk pencahayaan tidur
  4. Setiap tempat tidur punya 2 kotak kontak dan tombol panggil perawat
  5. Ada nakas di samping tempat tidur
  6. Suhu ruangannya nyaman, antara 20-26 derajat Celcius
  7. Ruangannya dipisah berdasarkan jenis kelamin, usia, dan jenis penyakit
  8. Satu ruangan maksimal diisi 4 tempat tidur, jarak antar tempat tidurnya minimal 1,5 meter
  9. Tirai atau partisi yang bisa digeser dan dipasang di plafon atau digantung
  10. Kamar mandi di dalam ruangan rawat inap
  11. Kamar mandi yang mudah diakses
  12. Outlet oksigen

Uji Coba KRIS di 15 Rumah Sakit

Sebelum resmi berlaku, KRIS udah diuji coba dulu di 15 rumah sakit di seluruh Indonesia lho! Katanya sih, sebagian besar rumah sakit yang kerjasama sama BPJS udah siap nerapin KRIS. Keren!

Iuran KRIS Gimana?

Tenang, sahabat Brainy! Sampai saat ini, iuran BPJS Kesehatan masih tetep sama kok. Besaran iuran buat KRIS masih dihitung dan bakal diumumin paling lambat tanggal 1 Juli 2025.

Jadi, kita tunggu aja ya pengumuman resminya. Yang pasti, KRIS ini kabar baik buat kita semua, karena pelayanan kesehatan bakal makin berkualitas dan adil!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka