Michael Leonardo

Hai sahabat Brainy! 👋 Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 emang lagi panas-panasnya nih! Sengketa hasil pilpres pun akhirnya sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK). Nah, di tengah proses persidangan ini, muncul istilah "amicus curiae". Udah pada tahu belum apa itu? 🤔

Amicus curiae itu kayak "sahabat pengadilan" gitu. Jadi, ada pihak ketiga yang merasa punya kepentingan dalam perkara pilpres ini dan mereka ngasih opini atau masukan ke MK. Kerennya, sahabat pengadilan ini bisa dari berbagai kalangan loh, kayak mahasiswa, advokat, bahkan mantan presiden! 😮

Rekor Amicus Curiae di MK! 🎉

Kabarnya, sengketa Pilpres 2024 ini memecahkan rekor jumlah amicus curiae terbanyak sepanjang sejarah MK! Bayangin, ada 52 amicus curiae yang masuk ke MK. Gokil! 🤯

Tapi, dari 52 itu, MK cuma dalami 14 amicus curiae aja. Wah, kenapa tuh? 🧐

Alasan MK Memilih 14 Amicus Curiae

Ternyata, MK punya alasan khusus nih, sahabat Brainy. Jadi, amicus curiae yang didalami itu adalah yang masuk sebelum batas waktu yang udah ditentukan, yaitu tanggal 16 April 2024. Soalnya, MK harus fokus sama jalannya persidangan dan gak mau prosesnya terganggu. 🤝

Alasan MK hanya dalami 14 amicus curiae dari 52 yang diterima
Keterangan: Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristyanto menunjukkan dokumen amicus curiae terkait sengekta hasil Pemilihan Presiden 2024 dari Presiden kelima Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

14 Amicus Curiae yang Didalami MK

Siapa aja sih 14 amicus curiae yang didalami MK itu? Nih, sahabat Brainy, ada beberapa nama yang mungkin kamu kenal:

  • Barisan Kebenaran untuk Demokrasi
  • Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI)
  • Aliansi Akademisi dan Masyarakat Sipil
  • Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto
  • Forum Advokat Muda Indonesia (FAMI)
  • dan masih banyak lagi!

Apakah Amicus Curiae Berpengaruh ke Putusan MK?

Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah amicus curiae ini bisa memengaruhi keputusan MK? 🤔

Sebenarnya, amicus curiae itu cuma ngasih perspektif tambahan aja buat para hakim. Keputusan akhir tetap di tangan hakim MK, berdasarkan bukti dan argumen yang diajukan selama persidangan. ⚖️

Jadi, amicus curiae memang bisa jadi bahan pertimbangan, tapi gak menjamin bisa mengubah putusan MK secara signifikan.

Gimana, sahabat Brainy? Udah paham kan tentang amicus curiae di sengketa Pilpres 2024 ini? Semoga informasi ini bermanfaat ya! 😉

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka