Askara Indrayana

Sahabat Brainy,

Tau nggak sih kalau Bukares, ibu kota Rumania, jadi salah satu kota di Eropa paling berisiko gempa bumi? Nah, para ahli di Rumania lagi sibuk banget nih nge-map semua gedung yang berisiko tinggi. Kerennya, mereka pakai data resmi lho!

Kenapa Gempa Jadi Kekhawatiran Besar di Rumania?

Sahabat tahu nggak, di tahun 1977, terjadi gempa bumi dahsyat di Rumania yang menewaskan ribuan orang. Makanya, masyarakat Rumania masih trauma banget sama bencana ini.

Nggak heran deh kalau mereka super waspada sama kemungkinan gempa bumi lagi. Apalagi, Rumania terletak di jalur gempa bumi, sama kayak Turki, Yunani, Albania, dan Italia.

Peta Risiko Gempa untuk Keamanan Warga

Nah, untuk mengurangi risiko korban jiwa, pemerintah Rumania punya kebijakan baru nih. Mereka melarang menyewakan apartemen di gedung yang berisiko tinggi gempa. Gebrakan ini mulai berlaku 1 Januari 2024 kemarin.

Untuk memudahkan warga tau gedung mana aja yang rawan ambruk, para ahli membuat peta risiko gempa bernama "acasainsiguranta.ro". Di situs ini, kamu bisa cek langsung kondisi gedung apartemen yang mau kamu sewa.

Fakta Menarik

Tahukah kamu, kalau ternyata banyak juga orang kaya yang lagi memborong apartemen tua yang berisiko gempa? Mereka merenovasi gedung-gedung ini, lalu menyewakannya dengan harga yang menggiurkan.

Padahal kan, gedung tua itu nggak aman kalau terjadi gempa. Tapi, ya namanya orang mau untung, Sahabat.

Persiapan Menghadapi Gempa

Selain nge-map gedung berisiko, pemerintah Rumania juga lagi gencar ngasih edukasi ke masyarakat. Mereka juga punya alat canggih yang bisa memperingatkan warga 25 detik sebelum gempa terjadi lho!

Dengan persiapan matang dan kesadaran warga, diharapkan korban jiwa akibat gempa bisa diminimalisir. Nah, Sahabat Brainy, kita juga harus selalu waspada dan punya rencana evakuasi yang matang ya!

Seorang wanita memeriksa peta risiko gempa acasainsiguranta.ro

Tips Persiapan Pribadi:

  • Cari tau gedung tempat tinggal kamu berisiko gempa atau nggak.
  • Siapkan tas siaga bencana yang berisi makanan, minuman, obat-obatan, dan barang penting lainnya.
  • Atur rencana evakuasi dan jalur penyelamatan bersama keluarga dan teman-teman.
  • Jangan panik saat gempa terjadi. Tenang dan ikuti prosedur evakuasi.

Sahabat Brainy, yuk kita jadi warga yang selalu siap menghadapi bencana. Dengan ilmu dan persiapan yang cukup, kita bisa lindungi diri dan orang-orang terkasih dari bahaya gempa bumi. Salam tangguh dari Brainy Buddy!

Ilustrasi alat peringatan gempa

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka