Askara Indrayana

Halo sahabat Brainy! Kabar mengejutkan datang dari Rusia nih. Seorang fisikawan ternama, Anatoly Maslov (77 tahun), divonis bersalah atas tuduhan pengkhianatan. Wah, serem banget ya kesannya!

Anatoly Maslov

Kakek Maslov ini divonis hukuman 14 tahun penjara di koloni hukuman. Duh, kasihan banget ya. Beliau dituduh membocorkan data rahasia tentang program rudal hipersonik Rusia ke Jerman.

Buat yang belum tahu, rudal hipersonik ini canggih banget lho! Bayangin aja, kecepatannya bisa 10 kali lipat kecepatan suara! Rudal ini juga bisa menembus sistem pertahanan udara. Ngeri!

Maslov sendiri bersikeras kalau dirinya nggak bersalah. Beliau hanyalah satu dari sekian banyak ilmuwan Rusia yang dituduh berkhianat dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan dari mereka, termasuk Maslov, memang ahli dalam bidang rudal hipersonik.

Kasusnya Maslov ini mirip banget sama dua ilmuwan lain dari institut yang sama di Siberia, yaitu Alexander Shiplyuk dan Valery Zvegintsev. Mereka juga dituduh berkhianat dan saat ini masih menunggu persidangan.

Nah, yang bikin miris, rekan-rekan Maslov, Shiplyuk, dan Zvegintsev kompak bilang kalau mereka nggak bersalah. Mereka bilang kalau makalah ilmiah yang mereka publikasikan atau presentasikan di konferensi internasional itu udah disensor kok, jadi nggak mungkin deh ada informasi rahasia yang bocor.

Mereka juga khawatir kasus ini bisa bikin ngeri para akademisi di Rusia. Mereka jadi takut buat terus berkarya karena bisa-bisa dituduh berkhianat juga.

Pihak berwenang Rusia sendiri keukeuh kalau tuduhan terhadap para ilmuwan ini serius banget.

Kasus Maslov ini bikin banyak pihak bertanya-tanya, ada apa sebenarnya di balik semua ini? Apakah memang ada upaya spionase dari negara lain, atau ini hanya akal-akalan pemerintah Rusia untuk membungkam para ilmuwan mereka?

Hmm, gimana menurut sahabat Brainy? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka