Askara Indrayana

Hai sahabat Brainy! Udah pada tau belum kalau Ecobee baru aja ngeluarin fitur keren buat termostat pintar mereka? Nah, fitur ini canggih banget loh, soalnya bisa nyetel suhu ruangan secara otomatis buat ngehemat energi, terutama pas lagi ada risiko mati lampu. Kerennya lagi, fitur ini beda sama program hemat energi dari perusahaan listrik, karena kamu tetep bisa milih buat gak ikutan pakai fitur ini.

Termostat Ecobee berukuran kecil yang terpasang di dinding berwarna cokelat muda, terletak di antara lemari dan tangga.

Kok bisa gitu? Jadi gini, biasanya lonjakan penggunaan listrik itu terjadi gara-gara banyak orang nyalain AC pas cuaca lagi panas-panasnya. Nah, lonjakan ini nih yang bikin listrik jadi gampang mati. Makanya, perusahaan listrik suka ngadain program hemat energi buat nyeimbangin penggunaan listrik, salah satunya dengan minta pelanggan buat nurunin suhu AC.

Ecobee ngeliat nih, terus bikin deh fitur baru yang fungsinya mirip kayak program hemat energi itu. Bedanya, fitur ini bisa langsung ngerespon peringatan darurat dari operator jaringan listrik di Amerika Utara. Jadi, pas ada potensi mati lampu, kamu bakal dapet notifikasi di termostat pintar Ecobee dan aplikasi Ecobee di HP kamu.

Nah, termostatnya ini bakal otomatis nurunin suhu ruangan sekitar 1-4 derajat selama maksimal 4 jam. Tenang aja, fitur ini cuma aktif buat pengguna yang belum ikutan program hemat energi dari perusahaan listrik kok.

Intinya sih, kalau banyak rumah yang ikutan hemat energi, penggunaan listrik jadi lebih seimbang dan risiko mati lampu pun bisa dicegah. Cara ini namanya demand response, yang tujuannya bikin jaringan listrik lebih tangguh ngadepin cuaca ekstrem.

Kerennya lagi, Ecobee ngasih kebebasan buat penggunanya. Kalo ngerasa fitur ini ganggu, kamu bisa langsung nonaktifin. Beda sama program hemat energi dari perusahaan listrik yang suka bikin ribet, bahkan ada yang sampe ngunci pengaturan termostat pintar pas lagi ada krisis energi.

Gimana menurut sahabat Brainy, keren banget kan fitur baru dari Ecobee ini?

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka