Askara Indrayana

Ilustrasi mikrofon di atas kolase gambar Kota Gaza

Sahabat Brainy, tahu nggak sih kalau sekarang makin banyak podcast yang mengangkat suara-suara langsung dari Gaza? Iya, di tengah situasi yang sulit, podcast bisa jadi wadah buat dengerin cerita dan pengalaman orang-orang di sana.

Ceritanya, ada seorang pembawa acara podcast yang susah banget buat ngehubungin narasumbernya di Gaza. Bayangin aja, mereka cuma bisa saling kirim pesan suara singkat lewat WhatsApp! Setelah sekian lama, akhirnya mereka bisa ngobrol lagi. Ternyata, si narasumber ini lagi berusaha banget buat bawa keluarganya ke Irlandia pakai visa khusus. Saking susahnya sinyal internet, dia harus begadang tiap malem cuma buat cek status aplikasi visanya!

Tim podcast ini emang udah bertahun-tahun membangun hubungan sama aktivis perdamaian dari berbagai pihak. Nah, karena itu, mereka punya akses ke cerita langsung dari lapangan. Ini penting banget, soalnya akses informasi tentang Gaza sekarang lagi susah banget, apalagi buat jurnalis asing. Udah gitu, internet di sana juga sering putus-nyambung.

Tim podcast lain juga cerita kalau mereka sampai harus putar otak buat dapetin cerita dari Gaza. Ada yang cuma bisa wawancara di perbatasan, ada juga yang ngandelin reporter lokal yang juga ngalamin sendiri susahnya komunikasi di sana.

Nggak cuma itu, di tengah pembatasan informasi yang ketat, beberapa podcast juga kesulitan buat ngajak warga Arab-Israel buat ngobrol. Banyak yang takut buat bersuara karena khawatir sama keamanannya.

Tapi, di tengah semua tantangan itu, podcast tetep jadi salah satu cara yang efektif buat ngasih kita gambaran tentang situasi di Gaza. Lewat podcast, kita bisa dengerin langsung cerita-cerita personal yang bikin kita ngerasa lebih dekat sama apa yang mereka alami.

Beberapa podcast bahkan sampai bikin episode khusus tentang sejarah konflik ini, biar pendengarnya bisa lebih paham sama akar masalahnya. Kerennya lagi, sekarang podcast bisa diakses sama orang di seluruh dunia. Jadi, jangkauan ceritanya bisa lebih luas!

Jadi gimana, Sahabat Brainy? Tertarik buat dengerin langsung suara-suara dari Gaza lewat podcast?

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka