Askara Indrayana

Sahabat Brainy,

Kebayang nggak kalau robot Atlas itu punya rambut? Robot yang tinggi besar dari Boston Dynamics itu kan terkenal serem, apalagi waktu punggungnya bengkok ke belakang kaya kuntilanak! Nah, menurutku bakal seru banget kalau robot itu punya rambut lebat yang tergerai berkilauan.

Di artikel ini, aku bakal jabarin pendapat para ahli tentang alasan orang ngerasa robot Atlas itu serem. Trus, aku juga bakal ngebahas hasil penelitian soal robot berbulu. Penasaran? Yuk, langsung aja kita mulai!

Kenapa Robot Atlas Terlihat Menyeramkan?

Menurut Karl MacDorman, seorang profesor di Universitas Indiana, robot Atlas bikin merinding karena gerakannya aneh banget.

"Bayangin kalau robot yang sama itu kita kasih kulit manusia," kata MacDorman. "Pasti makin serem lagi karena kita kan punya ekspektasi tentang perilaku manusia."

Nah, kalau kita kasih rambut ke robot Atlas, apakah itu bakal bikin dia nggak serem lagi?

Rambut untuk Robot

MacDorman bilang kalo ngasih rambut ke Atlas sebenarnya nggak bakal berpengaruh banyak. Soalnya, kita biasa melihat manusia yang nggak berbulu.

"Robot Atlas itu mirip kera. Kalau kita lihat robot mirip kera yang berbulu, itu mungkin nggak akan terlalu aneh," ujar MacDorman. Dia juga menekankan kalau yang bikin robot serem itu bukan rambutnya, tapi gerakannya yang aneh.

Terus, gimana dong? Ada nggak penelitian yang bilang kalau robot jadi lebih disukai kalau dikasih rambut?

Penelitian tentang Robot Berbulu

Ternyata ada, Sahabat Brainy! Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan membandingkan tiga jenis robot: yang berbahan plastik, kayu, dan bulu. Hasilnya, orang-orang ngerasa robot berbulu itu lebih hangat dan ramah.

Wah, menarik ya! Tapi peneliti juga nemuin kalau robot yang bulu-bulunya cuma sebagian doang justru bikin serem. Jadi, kalau mau ngasih robot rambut, harus totalitas!

Bukti dari Dunia Hiburan

Di dunia hiburan, banyak banget contoh monster yang populer karena berbulu. Salah satu yang paling terkenal adalah Sulley dari film Monsters, Inc. Dengan bulu birunya yang lembut, Sulley sukses bikin penonton jatuh hati.

Robot Boston Dynamics Atlas dengan rambut auburn

Kesimpulan

Meskipun penelitian tentang robot berbulu masih terbatas, tapi kayaknya ada potensi besar untuk bikin robot lebih disukai. Kalau Boston Dynamics mau bikin robot yang nggak serem lagi, nggak ada salahnya coba kasih mereka rambut lebat! Lagipula, seperti kata pepatah, "Rambut adalah mahkota kepala."

Gimana menurut Sahabat Brainy? Apakah kalian setuju kalau robot Atlas akan lebih keren kalau punya rambut?

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka