Askara Indrayana

Sahabat Brainy, teknologi AI sekarang lagi booming banget ya! Nggak cuma konsep lagi, AI udah mulai nyata banget di kehidupan kita. Banyak pekerjaan yang tergantikan, tapi ada juga pekerjaan baru yang muncul. Mahasiswa pun banyak yang terbantu sama AI buat ngerjain tugas kuliah. Perusahaan-perusahaan teknologi raksasa pada berlomba-lomba buat mengembangkan AI dan masukin ke smartphone dan komputer kita semua.

Sayangnya, di balik semua kecanggihan ini, ada satu masalah besar yang sering diabaikan: AI suka berhalusinasi! Maksudnya, AI suka ngarang informasi yang nggak akurat.

Contohnya, ada AI yang ngira aku punya jenggot, padahal aku perempuan tulen! Ada juga AI yang nggak tahu aku kerja di mana, bahkan sampe ngarang informasi soal pendiri perusahaan tempat aku kerja.

Kolase vektor yang menunjukkan berbagai aspek penggunaan *tools* AI.

Parahnya lagi, AI juga suka bikin kesalahan fatal di hal-hal yang penting. Bayangin, ada AI yang nyaranin orang buat buka pintu belakang kamera film buat ngelepasin film yang macet. Padahal, itu bisa ngerusak semua foto yang udah diambil!

Masalah halusinasi AI ini sebenarnya udah diketahui sama semua pengembang AI, tapi kayaknya mereka nggak terlalu peduli buat bener-bener ngatasin masalah ini. Mereka cuma nambahin disclaimer kecil di produk AI mereka, kayak "AI bisa bikin kesalahan, cek lagi informasinya" atau "periksa keakuratan jawaban".

Padahal, disclaimer kayak gitu nggak cukup! AI dijanjikan bakal ngubah hidup kita, masa iya kita harus selalu waspada sama informasi yang mereka kasih?

Pengembang AI berdalih kalo AI itu punya "keajaiban" yang bikin kita bisa maafin ketidakakuratannya. Tapi, aku pribadi nggak butuh keajaiban! Aku butuh komputer yang akurat dan bisa diandalkan.

Aku ngerti kalo pengembangan AI lagi pesat banget dan punya potensi luar biasa. Tapi, selama AI masih suka berhalusinasi, aku nggak bisa sepenuhnya percaya dan bergantung sama mereka. Semoga para pengembang AI segera mengatasi masalah ini, sehingga kita bisa merasakan manfaat AI secara maksimal tanpa harus khawatir kena tipu sama halusinasi mereka!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka